KULINER DAN OLEH-OLEH



Harga Rp. 314.000
Deskripsi Produk 1. KULINER JALAN SEMARANG ( TIDAK HALAL )
Hari sudah hampir menjelang malam saat mengunjungi Jalan Semarang di Medan. Cahaya matahari mulai redup terlihat. Hiruk pikuk aktivitas perdagangan dari toko-toko penjual sparepart mobil dan alat-alat mekanikal, berangsur-angsur sepi dan tak lama kemudian pemilik toko memilih berhenti beroperasi.
Begitu hari berganti malam, jalan ini berubah menjadi hamparan tempat-tempat makanan. Kursi, meja dan gerobak masak, menyebar di sepanjang pinggiran jalan ini. Malam itu, Jalan Semarang berubah menjadi kawasan kuliner.
Meski pun tempat makanan berada di kaki lima. Makan disini terasa seperti berada di sebuah kota China seperti Hongkong atau di Singapura. Hingga saat ini Jalan Semarang masih tetap dikunjungi para pemburu makanan.


Kawasan kuliner Jalan Semarang memang cukup dikenal karena konon sudah mulai ada sejak tahun 1960-an. Sejumlah pedagang makanan disini, sudah generasi kedua yang masih tetap mempertahankan racikan bumbu yang sudah diciptakan orang tua mereka.
Dari outlet-oulet makanan yang berjejer di sepanjang jalan Semarang, umumnya didominasi menjual Chines Food non halal, menjual aneka mie, daging, sea food. Makan yang paling diminati diantaranya Bihun ikan, mie tiong sim, bak kut the, liong tahu, nasi hai nam, nasi tim khas Medan, Nasi Sayur, Mie Pangsit dan Mie Hokkian
Tidak itu saja, tersedia juga menu ekstrim seperti daging ular, biawak, labi-labi, kelelawar, kodok, dan hewan lainnya yang konon memiliki khasiat tertentu bagi kesehatan.
Side Bar
- Beroperasi sejak pukul 19.00-01.00 Wib
- Menu Utama Chinese Food
- Tersedia Menu Ekstrim
- Suasana tempat duduk di alam terbuka
- Harga bervariasi dan Terjangkau

2. KULINER BEBEK BIHUN RUMAH MAKAN TABONA ( TIDAK HALAL )
Rumah Makan Tabona
Rumah Makan Tabona terletak di Jalan Mangkubumi, Medan. Tempat wisata kuliner ini menyajikan beragam kari lezat mulai dari bihun kari, kari ayam, kari daging kambing sampai kari daging sapi.
Buka sejak pukul 06:30 sampai 16:30, rumah makan ini ramai sekali terutama saat jam makan siang karena berada di kawasan perkantoran.

3. KULINER MIE PANGSIT TIONG SIM ( TIDAK HALAL )
Makanan ini berlokasi di Selat Panjang yang katanya banyak makanan non-halal. Karena banyak yang merekomendasikan mie pangsit ini, maka kami pun mencobanya. Mie kuningnya memiliki tekstur yang renyah, dagingnya juga enak dan ada taburan crispy pork fat yang sekarang-sekarang ini sudah jarang ditemukan. So, overall we enjoyed the dish 

4. KULINER PAGARUYUNG ( HALAL )
Salah satu hal yang membuat kawasan kuliner Pagaruyung dikenal karena memiliki kekhasan tersendiri dibanding kawasan kuliner lainnya yang usianya sudah cukup lama. Umumnya pedagang menawarkan masakan khas India dan Nusantara yang citarasanya yang sudah diakui sampai ke luar kota Medan.
Untuk masakan khas India yang paling banyak diminati diantaranya, Martabak India, Martabak Mesir, Martabak kubang, dan roti cane disajikan dengan kari kambing. Untuk makanan khas nusantara seperti nasi goreng, sate padang, nasi padang dan banyak lagi, yang harganya cukup variasi dan terjangkau.
Jalan Pagaruyung menjadi kawasan kulinber konon mulai ada sejak sekitar 20 tahun lalu. Dan citarasanya sudah diakui sampai keluar kota Medan. Sebab itu, Pemerintah Kota Medan menetapkannya sebagai salah satu icon kuliner di Medan.
Salah satu yang menjadi daya orang makan ke kawasan ini, karena disekitarnya terdapat pusat-pusat perbelanjaan yang menawarkan aneka produk dari Tailor, Toko Roti, Souvenir shop, sampai pusat belanja modren seperti Sun Plaza dan Cambridge City Square.
Side Bar
- Beroperasi sejak pukul 18.00-01.00 Wib
- Menu Utama Indian Food dan Nusantara
- Halal
- Suasana tempat Pinggir Jalan
- Harga bervariasi dan Terjangkau

5. KULINER DI KOMPLEK CEMARA ASRI ( HALAL / NO HALAL )
Mengunjungi kawasan kuliner ini, suasananya terasa agak berbeda dibanding dengan kawasan kuliner lainnya, karena lokasinya berada di dalam Komplek Pertokoan dan Perumahaan Cemara Asri, terletak di Jalan Cemara Medan.
Dahulu, keberadaan toko-toko makanan disini masih hanya sekedar saranan bagi warga komplek ini yang ingin makan sambil bersantai di malam hari. Namun, beberapa tahun belakangan ini, toko-toko makanan disini semakin ramai dikunjungi masyarakat yang tinggal di luar Komplek Cemara Asri.
 

Bahkan, mulai banyaknya penjual jajanan khas di sore hari seperti kue-kue basah, pecel, sate, bakso, es buah, Tok Tok, burger sampai jagung bakar berdatangan ke kompleks ini.
Berbeda bila mengujungi komplek ini di malam hari, puluhan meja yang berjejer berada di bagian depan sejumlah ruko dipadati pengunjung. Suasana seperti ini hampir terlihat setiap hari sejak dibuka mulai pukul 18.00- 22.00 Wib.
Salah satu yang membuat kawasan ini tidak pernah sepi dikunjungi karena masakan Seafood yang cukup memikat. Rata-rata pedagang makanan disni menawarkan menu yang berkaitan dengan hasil laut. Aneka sea food berbadahan kepiting, udang, ikan bawal, ikan steam dan ikan lainnya cukup diminati.
 

Namun juga tersedia aneka menu lainnya dengan menu khasnya antara lain ayam goreng cemara, yakni ayam goreng dan aneka sayuran diantaranya terong goreng tepung dan sayur genjer sambal terasi atau menikmati sate Padang Pariaman yang cukup dikenal dan mencicipi kuliner vegetarian.
Kelebihan kawasan ini, cukup nyaman dan aman karena diawasi tenaga pengamanan kompleks. Cemara Asri juga bisa dikatakan salah satu kawasan China Town di kota Medan, karena mayoritas penghuninya dari etnis Tionghoa.
Side Bar
Beroperasi sejak pukul 18.00-22.00 Wib
- Menu Utama Sea food
- Halal dan Non Halal
- Suasana di dalam kawasan Pertokoan
dan Perumahan
- Harga bervariasi dan Terjangkau

6. KULINER DI RING ROAD ( HALAL )
Mengitari jalan gagak hitam atau Ring Road, pandangan mata akan langsung tergoda dengan pemandangan tempat-tempat makan yang berjejer di sepanjang jalan, mulai dari warung kaki lima, café maupun restoran.
Bila dilihat kawasan ini, lebih menonjol sebagai kawasan kuliner citarasa makanan nusantara yang berasal dari berbagai daerah dengan berbagai citarasa dengan keunikan nama makanan tersendiri .
 

Untuk berbahan dasar ayam misalnya, ada yang memberi nama Ayam Petis Cinde Laras, Ayam Kremes Bandung, Ayam Presto, Ayam Penyet Joko Solo, Ayam Gebrug Citra Solo dan Ayam Penyet Sidoarjo yang mengundang keinginan untuk mencobanya.
Berbagai jenis jajanan seperti bakso juga demikian. Ada yang memberi nama Iga-iga Bakso, Bakso Gepeng, Indonesia Bakso, Bakso Kepala Sapi dan sebagainya. Aneka andalan makanan dari daerah lainnya juga banyak tersedia.
 

Semakin maraknya bermunculan tempat-tempat makanan di Ring Road beberapa tahun terakhir, membuat kawasan ini kini menjadi salah satu kawasan kuliner baru di Medan yang mampu mengimbangi keberadaan kawasan kuliner lainnya di Medan.
Disini juga tersedia resto cepat saji seperti Mc Donald dan KFC. Ring Road yang tak di antara perempatan Jalan Gatot Subroto dan perempatan Setia Budi kan semakin ramai ketika malam minggu.
- Menu Utama Indonesian Food
- Halal
- Suasana mayoritas Ruko, sebahagian Kaki Lima
- Harga bervariasi dan Terjangkau
 

7. KULINER DI JALAN WAJIR ( HALAL )
Bagi sebahagian besar warga Medan, kawasan ini cukup dikenal di Jalan Kol. Sugiono yang oleh orang Medan dikenal sebagai jalan wajir sebagai tempat makan dengan citarasa bahan dasar hasil laut beroperasi sejak pukul 16:30 hingga 23:00 Wib.
Kebanyakan pengunjung kesini datang untuk menikmati makanan laut, karena rumah makan disini menyediakan khusus masakan seafood yang cita rasanya sudah lama cukup dikenal.
 

Di sini, pengunjung dapat menikmati Sea food sederhana namun lezat dengan citarasa masakan Cina namun halal. Beberapa hidangan disajikan disini begitu populer diantaranya seperti Udang Saus Tai Hwa, Hwa Tai Ayam, Goreng Cumi Cumi Asin Pedas.
Sayur khas kangkung tumis terasi dengan irisan cabai hijau dan merah, beberapa potong bawang putih yang merupakan menu andalan rumah makan ini, semakin menambah selera santap.Tersedia juga menu hotplate dengan tahu hotplate sebagai andalannya, yang dihidangkan dalam keadaan masih panas dan mengepulkan asap.
Rumah makan disini memilih outdoor sebagai tempat, bertujuan para tamu bisa menikmati masakan sambil menikmati angin sepoi-sepoi sore dan malam hari. Namun, bila hujan, para tamu masih bisa menikmati masakan di ruangan in door.
- Menu Utama Sea Food
- Halal
- Suasana in door
- Harga bervariasi dan Terjangkau

8. KULINER TIP TOP RESTAURANT
Tip Top Restoran and Lunchroom
Jl. Achmad Yani, Kesawan, Medan (dekat Tjong A Fie Mansion)
Telp: 061-24442 / 25426
Opening Hours: 11.00 – 14.00 dan 18.00 – 22.00
Website: http://www.tiptop-medan.com/
 

Restoran Tip Top tempo doeloe (Sumber: http://szlovely.files.wordpress.com)
Kalau Jakarta punya Ragusa dan Semarang punya Toko OEN, Medan juga tidak kalah karena punya Tip Top! Restoran yang berdiri sejak tahun 1929 ini awalnya bernama Jangkie, sesuai nama pemiliknya, dan berada di Jalan Pandu. Pada tahun 1934, Restoran Jangkie  kemudian dipindahkan ke Jalan Kesawan yang merupakan pusat bisnis Medan pada masa itu. Nama “Jangkie’ pun diubah menjadi “Tip-Top” yang berarti sempurna. Dengan outdoor lounge bergaya Eropa yang santai, Tip Top menjadi favorit orang-orang Belanda di Medan untuk menikmati kopi robusta Sidikalang. Kini, jauh setelah Indonesia merdeka, dekorasi Tip Top masih tetap konsisten bergaya klasik di antara bangunan-bangunan modern Jalan Kesawan.
 

Bicara menu makanan, Tip Top menyediakan berbagai variasi menu Belanda, nusantara, hingga Cina. Karena Medan adalah melting pot yang menjadi rumah bagi banyak suku bangsa, kamu bisa makan bistik, rendang, hingga ifu mie di restoran ini. Selain hidangan utamanya yang multi-kulltural, Tip Top juga menyediakan handmade ice cream, dan cake untuk dijadikan dessert. Cake dan bakery di sini sangat istimewa karena dipanggang dengan tungku kayu bakar yang sudah ada sejak tahun 1934. Es krim disini juga tidak menggunakan pemanis buatan dan bahan pengawet sehingga harus disajikan di dalam gelas alumunium agar tidak cepat meleleh.
 

Moorkop, vanilla ice cream yang diapit cream puff dan dilumuri coklat cair. (Sumber: makanmana.net)
Setelah 80-an tahun berdiri, Restoran Tip Top tidak pernah kehilangan pelanggannya. Pengunjung restoran ini sangat bervariasi. Mulai dari anak muda yang ingin merasakan nuansa kolonial, orang tua yang ingin bernostalgia, hingga para ekspat yang ingin berteduh dari teriknya cuaca Medan sambil menyantap es krim lembut andalan Tip Top. Selain suasana dan pelayanannya yang menyenangkan, harga di restoran ini pun sangat bersahabat. Range harga berkisar antara Rp. 10.000,- hingga Rp. Rp. 60.000,-. Sedangkan untuk satu slice cake mungil, harga dimulai dari Rp. 4.000,-.
 

9. KULINER SOTO ENAK KESAWAN
Jl. Achmad Yani, Kesawan, No.116, Medan
(tepat di seberang Tjong A Fie Mansion)
Opening Hours: 08.00-15.00
 Telp: +62 61 45145 18
Pilihan isi Soto Kesawan (Sumber: www.makanmana.net)
Kesawan, salah satu tujuan wisata yang sempat diangkat dalam artikel Jelajah punya satu kuliner yang khas yaitu Soto Kesawan. Bagi pecinta soto nusantara, Soto Kesawan tidak boleh dilewatkan. Sekilas, tampilan Soto Kesawan mirip dengan Soto Betawi, namun dengan kuah berwarna orange kekuningan yang lebih pekat. Soto ini adalah salah satu kuliner utama yang disasar oleh para wisatawan karena kelezatan soto udangnya. Udang segar yang telah dimasak terlebih dahulu, dicampur ke dalam racikan kuah soto bercita rasa rempah yang gurih.  Selain soto udang, Soto Kesawan juga menyediakan berbagai pilihan lain seperti ayam, sapi, serta jeroan seperti babat dan paru. Soto khas Medan ini sihidangkan bersama sepiring nasi putih dan sambal khas berupa cabe rawit tumbuk yang dicampur sedikit kecap dan taburan bawang goreng.
 

Tampilan luar gerai Soto Kesawan terlihat sederhana, tapi dibalik ruko berukuran 2,5 x 15 meter ini tersimpan resep yang  sudah turun-temurun dijaga sejak 60 tahun lalu. Pelayanannya pun tetap cepat walaupun tempat makan ini selalu ramai. Datang, duduk, pesan, dan tidak sampai 5 menit soto hangat kamu akan tiba. Pelayanan cepat dan soto lezat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 14.000- Rp. 22.000, tergantung isi soto pesanan kamu. Selain di Jalan Kesawan, bisnis keluarga ini juga telah memiliki cabang di Jalan Sei Batang Hari dan Jalan Surabaya.
 

10. KULINER RESTAURANT NELAYAN ( HALAL )
Lokasi: Merdeka Walk, Medan
Dimsum hangat di dalam kelakat (Sumber: www.makanmana.net)
Kalau ditanya kuliner apa yang paling identik dengan Medan, jawabannya pasti chinese food dan durian. Dengan datang ke Restoran Nelayan, kamu bisa mendapatkan keduanya!  Chinese food andalan restoran ini adalah aneka dimsum harum yang disajikan di dalam kelakat atau wadah bambu. Varian dimsum seperti hakau udang, hakau kepiting, kaki ayam saus tiram, hingga siomay ayam dapat kamu nikmati dengan saus pedas racikan Nelayan yang lezat. Untuk hidangan penutup yang manis, pancake durian wajib kamu pesan. Seporsi pancake durian berwujud 2 butir durian lembut tanpa biji yang dibalut dengan dadar hijau tipis yang sangat mengundang. Ketika dadarnya digigit, pasta durian yang lembut akan meleleh seketika di lidah kamu. Nyam!

11. KULINER SOTO SINAR PAGI ( HALAL )
Soto RM Sinar Pagi
Masih seputar soto di Medan. Penggemar soto, silakan datang ke Rumah Makan Sinar Pagi yang terletak di Jalan Sei Deli.
Soto di sini memiliki cita rasa lezat deeng kuah santan kental dan kaya rempah yang disajikan bersama potongan daging sapi, perkedel, rempeyek dan sambal kecap. Jika Anda kurang menyuka soto bersantan, Anda bisa memesan soto ayam yang tak kalah nikmatnya.
Rumah makan ini juga cocok dikunjungi saat Anda butuh sarapan pagi karena telah buka sejak pukul 07:00 sampai 15:00 setiap harinya.
12. KULINER MIE AYAM JAMUR KUMANGO ( HALAL )

Mie Ayam Jamur Kumango
Masih di kawasan Jalan Mangkubumi, mari bergeser ke Mie Ayam Jamur Kumango. Rumah makan ini menyajikan menu spesial yaitu mie ayam jamur yang siap menggoyang lidah Anda.
Mie tipis kenyal dipadukan dengan irisan daging ayam dan jamur serta taburan tauge, sawi dan bawang goreng bisa jadi membuat Anda ingin menikmati dua porsi sekaligus. Menikmati mie ayam jamur spesial ini belum lengkap tanpa kopi susu tradisional yang dijamin akan menambah nikmat santap kuliner Anda.
 

13. KULINER KEDAI KOPI APEK
Kedai Kopi Apek
Ini tempat yang wajib dikunjungi para penggemar kopi. Keda Kopi Apek yang terletak di Jalan Hindu 37 ini merupakan kedai kopi tertua dan populer di Medan.
Kedai Kopi Apek sudah berdiri sejak tahun 1922 dan sampai sekarang cita rasa kopinya tak berubah. Konon, kunci kenikmatan kopi di sini ada pada pemilihan kopi terbaik, pengaturan suhu air sampai teknik mengaduk yang harus dilakukan dengan tepat.
Menu favorit di sini adalah Kopi O yang merupakan kopi hitam tanpa gula. Untuk menemani secangkir kopi, sebaiknya Anda juga memesan menu lain seperti roti bakar, roti kukus, martabak telur atau nasi soto.
Kedai Kopi Apek buka pukul 06:00 – 14:00 pada hari Senin – Sabtu dan pukul 06:00 – 11:30 pada hari Minggu.



OLEH – OLEH KHAS MEDAN
1.Bolu Meranti. Bolu gulung tersebut sekilas memang tidak ada bedanya dengan roti bolu lainnya. Namun jika dirasakan, akan tahu di mana perbedaannya. Ya, rasa dari Roti bolu Meranti itu yang menjadi pembeda dan tidak bisa ditemukan di daerah lain. Ada 3 varian rasa yakni keju, blueberry dan coklat. Atau jika ingin berhemat ada juga 1 kota bolu berisi tiga rasa itu. Bolu Gulung Meranti bisa bertahan selama 3 hari di luar kulkas dan lebih lama lagi jika diletakkan di dalamnya. Untuk medapatkannya Kamu bisa pergi ke kedainya yang ada di jalan Kruing nomor 2K Medan.


2.Bika Ambon menjadi pilihan kedua. Roti berbentuk kotak persegi ini banyak sekali penjualnya. Namun yang sudah terkenal yaitu Bika Ambon buatan Bu Zulaikha yang ada di jalan Mojopahit nomor 62 Medan. Meskipun namanya Ambon, roti ini asli dari Medan. Bika Ambon bisa bertahan selama 4 hari saja dan memiliki varian rasa original, mocca, pandan, spesial keju dan spesial pandan keju.

3.Pancake Durian: Karena Medan terkenal akan duriannya, maka snack yang mengandung durian ini jadi salah satu makanan yang wajib dicicipi di Medan. Penasaran dengan rekomendasi banyak orang, kami mencoba Pancake Nelayan yang setelah dibandingkan dengan pancake durian lain memang rasanya lebih enak. Namun harganya cukup mahal, Rp 37.000,- untuk 2 buah dan belum tambah tax (kalau beli restoran Nelayan). Sempat juga dapat rekomendasi pancake durian di Durian House seharga cuma Rp 15.000,- yang katanya rasanya tidak kalah dengan Pancake Durian Nelayan. Cuma sayang belum sempat dicoba. Kalau ada yang sudah pernah coba tolong kasih testimoninya ya  Oh ya, kalau cari durian yang enak katanya wajib mampir ke Durian Ucok.

4.Sirup Markisa tidak boleh dilupakan dari daftar oleh-oleh khas Medan. Buah yang hanya tumbuh di dataran tinggi Karo yaitu Brastagi, bisa dinikmati dalam dua bentuk yakni buahnya dan juga sirupnya.
Sirup Markisa menjadi komoditi unggulan dari kota Brastagi. Sirup markisa tersebut dibuat oleh PT Maju Jaya Pohon Pinang yang sudah berdiri sejak tahun 1982. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Medan dari buah Medan asli tersebut sangatlah mudah. Hampir di semua toko yang ada di kota Brastagi atau kota Medan menyediakan sirup tersebut. Untuk membelinya, Kamu tinggal mengeluarkan uang sebanyak 25 ribu sampai 30 ribu satu botolnya. Untuk penyajiannya sama saja dengan sirup lain tinggal menuangkannya sedikit ke dalam gelas dan ditambah air putih lalu diaduk.


5.Durian Medan. Sejak banyaknya wisatawan yang menggunakan pesawat, banyak yang kesulitan membawa oleh-oleh durian karena dilarang oleh perusahaan penerbangan. Untuk menyiasatinya, para pedagang durian menjual durian yang sudah dikupas dan dikemas dengan rapih sehingga aroma durian yang menyengat tidak tercium lagi. Durian kupas ini bisa dibawa langsung atau dikirim melalui paket.


Salah satu kios penjual durian yang terkenal di Medan adalah Durian Ucok yang sekarang berlokasi di Jl Wahid Hasyim pindahan dari Jl. Iskandar Muda atau juga ada Kedai Durian Pelawi, Jln. Sunggal, Simpang Jalan Kutilang, Medan.
Harga durian yang dijual berkisar antara Rp 20-40 ribu per buah. Ada juga durian dalam paket kemasan yang bisa tahan hingga dua minggu yang dibanderol mulai dari Rp 125 - 400 ribu.

Sekitar bulan Desember-Februari, harga durian relatif murah karena sedang musimnya, sekitar Rp15.000,00-Rp20.000,00 per buah. Tapi, jangan khawatir bila Anda datang sebelum Desember atau sesudah Februari, durian Medan selalu tersedia sepanjang tahun, hanya harganya saja menjadi sedikit lebih mahal.

Anda tidak perlu khawatir bila tidak bisa memilih durian. Pelayannya akan memilihkan durian sesuai keinginan pembeli. Mau yang manis legit atau manis pahit? Kalau tidak sesuai keinginan, Anda boleh mengembalikannya dan tidak perlu bayar.

6.Ikan Teri Medan terkenal seantero Nusantara karena rasanya yang gurih dan lezat. Jenis ikan teri ini ditandai oleh bentuknya yang kecil dan putih. Para pendatang yang akan mudik biasanya selalu membawakan Ikan Teri Medan sebagai oleh-oleh khas Kota Medan untuk sanak saudara di kampung.
 

Bagi anda perantauan yang berasal dari kota Medan tentunya akan merindukan masakan sambal teri medan untuk disantap mengenang kampung halaman Medan.

Tercatat ada dua jenis ikan teri Medan yakni ikan teri toge Medan yang ditandai dengan ukurannya yang sedikit lebih besar/lebih kasar dibanding jenis lainnya, dan berwarna putih.

Sementara itu, jenis ikan teri nasi Medan ukurannya lebih kecil dari jenis teri toge Medan, ikan teri ini berwarna putih mirip seperti nasi. Biasanya kedua jenis ikan teri ini diolah menjadi sambal goreng teri kacang, peyek, atau dibuat tauco.

7.Kopi Bubuk Sidikalang
Sidikalang adalah ibukota Kabupaten Dairi yang terletak di daerah pegunungan. Biji Kopi Sidikalang memang berkualitas tinggi dan telah menjadi buruan para pecinta kopi atau pengusaha Kopi Nusantara dan Dunia

8.Kaos Punya Medan oleh-oleh khas Medan tersedia untuk semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa, untuk pria dan wanita dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Selain baju, juga ada jaket dan tas.